Friday 27 February 2015

Memenuhi Persyaratan Beasiswa Kopertis Terbaru

Hai para mahasiswa maupun penjelajah dunia maya, Pada saat ini gw mau sharing nih tentang salah satu pengalaman berkuliah gw. Pengalaman ini terbilang langka karena tidak semua orang merasakannya. Penasaran yah apa pengalamannya? atau biasa aja?, kalau dilihat dari judul thread ini pasti kalian sudah bisa tebak pengalaman yang ingin gw bagikan.
Sebenarnya gw awalnya gk kepikiran untuk membagikan pengalaman ini di blog gw ini, tapi melihat sepertinya banyak ketidakadilan dan mungkin beberapa dari kalian ada yang mengalami hal yang serupa cuma bingung bagaimana cara untuk menghadapinya, akhirnya gw membulatkan tekat untuk membuat entri baru ini.

Jadi begini, sekarang gw tingkat tiga di jurusan biologi, UNAI. waktu gw tingkat 1 gw berkuliah dengan biaya reguler namun ada potongan diskon esklusif dari kampus untuk beberapa dakultas kecil, nah fakultas gw masuk ke dalamnya, gw dapat potongan lumayan lah... nah waktu gw tingkat dua gw disuruh cari info beasiswa kopertis di PuRek III bidang kemahasiswaan, jujur gw katakan gw gk sempet mulu untuk cari info itu. Tapi setelah gw hitung-hitung ada 3 kali gw berkunjung ke kantor PuRek 3 untuk mencari info tersebut. Memang susah untuk minta infonya karena baru pada kunjungan ke-3 gw. Dikunjungan itulah gw baru bisa mendapatkan syarat-syarat beasiswa kopertis, dan langsung gw beritahukan kepada orang tua gw untuk mengirimkan dokumen-dokumen yang dijadikan syarat oleh DIKTI.

2 minggu kemudian syarat-syarat lengkap dan siap untuk diberikan kepada PuRek 3 untuk selanjutnya diteruskan kepada DIKTI. Gw menunggu cukup lama untuk pengumuman diterima atau tidaknya.permohonan beasiswa gw.. akhirnya.... 2 bulan kemudian pengumuman pun keluar dan.... kalian tau.... nama gw... ternyata..... GAK ADA... Nyesek banget gw lihat pengumuman itu, tapi gw tetap bersyukur untuk hal itu... nah untuk semester 4 gw coba masukin lagi, tapi kali ini gw punya ide untuk memasukannya dengan cara lebih awal dan dengan berbicara langsung dengan PuRek 3nya sendiri.

Perbincangan cukup lama, dan akhirnya setelah memohon berkali-kali akhirnya nama gw dimasukan dalam prioritas untuk pengganti mahasiswa pendapat beasiswa yang lulus. Dan benar saja akhirnya untuk semester 5 dan 6 gw mendapat beasiswa kopertis tersebut. Senang campur haru yang gw rasakan karena bisa membantu orang tua dalam membiayai kuliah gw. Nah, gw mau kasih tau nih persyaratan beasiswa ini berubah-ubah tiap periodenya untuk periode pertama yang gw ikutin syaratnya banyak hingga belasan, namun untuk periode berikutnya dan yang sekarang lebih sedikit hanya 8 dan 7 saja persyaratan yang harus dilengkapi. Katanya sih kalau udah pernah dapat sekali pasti akan dapat terus... Amin... Gw berharap begitu juga, sehingga gw bisa membantu perekonomian keluarga, dan mengurangi tanggungan keluarga.

Nah gw ingin kasih tau nih ke kalian apa aja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan permohonan Beasiswa Kopertis, jadi kalian para mahasiswa bisa berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa kopertis juga, Langsung aja nih Syarat-syarat beasiswa Kopertis Terbaru :
  1. Surat Permohonan Tertulis Mahasiswa kepada Rektor/Ketua/Direktur atau pejabat perguruan tinggi yang ditunjuk (untuk melihat dan download contoh suratnya klik disini
  2. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai barang bukti mahasiswa aktif, serta terdaftar pada Forlap/EPSBED/PDPT
  3. Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dan atau organisasi lain baik pada tingkat Nasional, Regional, Maupun Internasional.
  4. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (untuk melihat dan download contoh suratnya klik disini)
  5. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan
  6. Fotokopi kartu keluarga
  7. Fotokopi Transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.
  8. Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermeterai 6000 bagi yang berwirausaha.
  9. Tercantum dalam surat keputusan pimpinan perguruan tinggi yang bersangkutan. (dibuat oleh PuRek 3)
Nah untuk yang nomor 8 itu bisa aja ditiadakan tergantung kamu dapatnya beasiswa kopertis tipe 1 atau dua. Nah, kalau kamu dapat yang tipe 2 pasti surat nomor 8 dikembalikan.

Sekian sharing dari saya kali ini, semoga kalian semua para mahasiswa yang membutuhkan bisa mendapatkan beasiswa kopertis. Amin.... :) Jangan lupa lihat postingan gw yang lain Disini yah... Bye....bye....

=================GBU=================

No comments:

Post a Comment

Yes!